Minggu, 15 Mei 2011

Pelatihan Pertanian Verti Culture - Sistem Bertani di Lahan Sempit.. Flexi: 81959295-96

Pelatihan Pertanian Organik sistem Vertikultur.
Info: 085733691548
Solusi Pertanian Lahan Sempit.
Menghemat Lahan hingga 400%, karena ditanam secara bertingkat di pipa.
Diajarkan sitem drainase di pipa.
Cara Pembuatan Media Tanam.
Cara Membuat Pupuk Cair Organik.
Cara Membuat Pupuk Pro Biotik.
Politeknik Tristar.
Flexi: 81959295-96. 81639991
Hp; 085733691548
031-8480823.  
Fax 031- 8432050.
Jln. Raya Jemursari 240A  & 244 Surabaya.
Vertikultur diambil dari istilah verticulture dalam bahasa lnggris (vertical dan culture) artinya sistem budidaya pertanian yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat. Dengan sistem vertikal bisa untuk 20 batang tanaman.
Banyak sedikitnya tanaman yang akan kita budidayakan bergantung pada model wadah yang kita gunakan. Untuk tanaman yang memerlukan banyak sinar matahari, seperti cabai, tomat, terong, dan sawi hendaknya diletakkan di posisi bagian atas. Sedangkan tanaman ginseng, kangkung, dan seledri bisa di bagian tengah atau bawah. Sistem vertikultur ini sangat cocok diterapkan bagi petani atau perorangan yang mempunyai lahan sempit, namun ingin menanam tanaman sebanyak-banyaknya. Selain tanaman sayuran, kita bisa juga menanam tanaman hias.
Untuk memulai budidaya tanaman secara vertikultur sebenarnya tidak perlu direpotkan dengan peralatan dan bahan yang akan menghabiskan biaya yang besar, yang penting wadah yang dipakai dapat menyediakan ruang tumbuh yang baik bagi tanaman. Namun terkadang kita ingin hasilnya nanti tidak hanya berupa panen tapi juga keindahan tanaman yang ditanam secara vertikultur dan struktur bangunan/wadah tanam tahan lama.
Bagi anda yang berminat mengikuti pelatihan di TRISTAR POLITEKNIK
hubungi :
Telp.(031) 8438913, 8415016,
Flexi. (031) 81639991, 81959295
HP. 085733691548
Jl. Raya Jemursari 240A,244, Surabaya.


Pelatihan Pertanian Vertikultur.
Vertikultur dapat diartikan sebagai teknik budidaya tanaman secara vertikal sehingga penanaman dilakukan secara bertingkat. Teknik budidaya ini tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan dapat dilakukan pada rumah yang tidak memiliki halaman sekalipun. Pemanfaatan teknik vertikultur ini memungkinkan untuk berkebun dengan memanfaatkan tempat secara efisien. Secara estetika, taman vertikultur berguna sebagai penutup pemandangan yang tidak menyenangkan atau sebagai latar belakang yang menyuguhkan pemandangan yang indah dengan berbagai warna. Dalam perkembangan selanjutnya, teknik vertikultur juga dimanfaatkan untuk bercocok tanam di pekarangan yang sempit bahkan tidak memiliki pekarangan sedikit pun.Bercocok tanam secara vertikultur sebenarnya tidak berbeda dengan bercocok tanam di kebun maupun di ladang. Mungkin sekilas bercocok tanam secara vertikultur terlihat rumit, tetapi sebenarnya sangat sederhana. Tingkat kesulitannya tergantung dari model yang digunakan. Model yang sederhana, mudah diikuti dan dipraktekan. Bahkan bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan, sehingga dapat diterapkan oleh ibu-ibu rumah tangga.

Tujuan:
Memanfaatkan lahan sempit yang tidak produktif menjadi lahan sempit yang produktif dengan aplikasi vertikultur.
Menghemat pengeluaran dengan cara memiliki tanaman sayuran sendiri.
Menambah nilai estetika lahan pekarangan.



Pelatihan Teknik Vertikultur
Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknik budidaya tanaman secara vertikultur kepada masyarakat serta kegunaan pembudidayaan tanaman secara vertikultur itu sendiri. Dalam kegiatan ini disediakan modul untuk peserta kursus agar pemahaman peserta tentang teknik budidaya tanaman secara vertikultur semakin bertambah.

Praktek Teknik Budidaya Secara Vertikultur
Kegiatan praktek teknik budidaya tanaman secara vertikultur dilakukan di petani yang sudah berhasil mengembangkan budidaya tanaman secara verticulture. Di dalam kegiatan tersebut, peserta akan diberitahukan mengenai cara pembudidayaan tanaman secara vertikultur, dimulai dari pembuatan model vertikultur, jenis tanaman yang dapat ditanam secara vertikultur, pembuatan media tanam, pembuatan pupuk cair organik dan cara perawatan tanaman tersebut.

Pembuatan model vertikultur.
Model vertikultur yang digunakan dalam pelatihan ini adalah model sederhana. Dengan berbagai pertimbangan yaitu, model sederhana mudah dilakukan dan cocok digunakan untuk menambah semarak pekarangan. Dan juga, model sederhana cocok digunakan atau dipraktekan oleh pemula. Jenis tanaman yang akan digunakan dalam praktik budidaya secara vertikultur ini adalah jenis tanaman sayur seperti sledri, bawang pre, selada, sawi, bawang merah, kangkung, bayam merah, kol bunga, cabe, tomat, melon dan tanaman rimpang-rimpangan sebagai apotek hidup (jahe, kunyit, kencur, laos).

Pemilihan dan Penanaman Tanaman
Teknik budidaya secara vertikultur tidak bisa ditanami oleh semua jenis tanaman. Hanya tanaman-tanaman tertentu saja yang bisa ditanam di sana. Ciri-ciri tanaman yang bisa ditanam secara vertikultur adalah memiliki akar serabut (perakaran rendah) dan tajuk tidak begitu lebar. Tanaman yang dapat ditanam secara vertikultur adalah sejenis tanaman sayuran dan tanaman rimpang-rimpangan.

Perawatan
Perawatan tanaman ini bertujuan agar warga mengetahui dan memahami cara perawatan tanaman itu sendiri, dimulai dari penyiraman sampai penanganan hama dan penyakit yang menyerang. Dengan begitu, peserta diharapkan dapat memaksimalkan produksi tanaman.

Pengawasan
Merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mendampingi para peserta pelatihan untuk membahas permasalahan dan hambatan yang dihadapi selama pembudidayaan tanaman secara vertikultur. Melalui kegiatan ini diharapkan masalah yang dihadapi peserta terkait dengan pelatihan dapat dicari solusinya agar tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai.


Hasil yang Didapat
Lahan kurang produktif, akan menjadi lebih produktif karena aplikasi teknik vertikultur.
Kebutuhan rumah tangga dapat dihemat karena berkurangnya pengeluaran akibat kebutuhan akan sayur yang sekarang dapat diambil dari hasil kebun sayur sendiri.
Aplikasi verikultur meningkatkan nilai estetika karena model yang ada sangat bervariasi dan bernilai seni tinggi dari bentuk yang paling sederhana, sampai bentuk yang rumit sekalipun.


Pelatihan di Tristar Politeknik:
1. Budidaya Tanaman Secara Vertikulture
2. Cara Memproduksi Tepung MOCAF (pengganti tepung terigu)
3. Cara Produksi Minyak Goreng Sehat Berbasis Kelapa
4. Kursus Membatik
5. Pembuatan Aneka Sabun Mandi Padat,Sabun Zaitun, Sabun Susu, Sabun Madu
6. Usaha Budidaya Jamur Tiram Terpadu dengan Kolam Lele
7. Cara Membuat Souvenir dari Fiberglass
8. Aneka Selai dari Buah Asli
9. Pelapisan Logam (ANODIZING)
10.Kecap Manis & Kecap Asin
11.Fieldtrip Bisnis Pupuk NPK
12.Industri Bioetanol dari singkong
13.Sablon Manual
14.Cara Pembuatan Mie Pelangi
15.Aneka Minuman Dalam Kemasan
16.PHOTOSHOP
17.Painting On T'Shirt
18.Pembuatan YOGHURT
19.Aneaka Sabun Mandi Cair
20.Aneka Olahan Frozen Food
21. Industri Hand Soap/Sabun Cuci Tangan
22. Aneka Sirup Ekonomis
23. Cara Produksi Wine + Alcohol dari Buah - Buahan + Tebu
24. Pelatihan Budidaya Jamur Merang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar